Sinergi Panorama Indonesia Official Subheading

Camping





camping |Date : 2023-05-29 06:45:02

Camping / Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan dengan menggunakan tenda, di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali.


Manfaat camping bagi kesehatan 

Camping atau bermalam di alam terbuka memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Tak hanya menyenangkan, camping juga terbukti meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Apa saja manfaat camping bagi kesehatan?

1. Meningkatkan kemandirian 

Camping biasanya dilakukan di ruang terbuka yang jauh dari rumah dan segala fasilitas yang mendukung. Jika dilakukan bersama dengan buah hati, berkemah jadi salah satu cara melatih kemandirian anak

Bahkan tak jarang Anda harus memutar otak ketika menemukan masalah, karena peralatan yang ada di alam tidak selengkap di rumah.

2. Mengajarkan kerja tim 

Berkemah biasanya dilakukan berkelompok, baik keluarga maupun teman. Ini melatih diri untuk meningkatkan kemampuan kerja tim dan bersosialisasi dengan orang lain. Misalnya, bekerja sama membangun tenda camping, mengambil air di sungai, atau memasak makan malam bersama. 

3. Mengurangi penggunaan gadget 

Ketika Anda di rumah, tak jarang semua anggota keluarga sibuk dengan gadget masing-masing. Dengan pergi berkemah, ini bisa mengurangi Anda dan keluarga dari penggunaan gadget. 

Selain kembali mendekatkan hubungan sosial, mengurangi penggunaan gadget juga bisa meningkatkan kesehatan mata, serta membuat Anda lebih rileks karena fokus ke lingkungan sekitar. 

BACA JUGA: Berbagai Gangguan Mata Akibat Penggunaan Gadget dan Cara Mengatasinya

4. Menghargai berbagai hal 

Berkemah dan jauh dari segala fasilitas di rumah bisa membantu Anda lebih bersyukur dan menghargai berbagai hal. Misalnya, tempat tidur yang nyaman, kamar mandi yang bersih, makanan yang enak, dan fasilitas lain seperti televisi atau koneksi internet. 

5. Mengajarkan keterampilan baru 

Camping juga bisa mengajarkan Anda berbagai keterampilan baru yang mungkin tidak pernah Anda lakukan di rumah. Misalnya, memasang tenda atau bahkan memasak dengan peralatan yang minim bisa menambah keterampilan baru yang Anda dapat setelah berkemah. 

6. Meningkatkan kualitas tidur 

Siapa sangka, camping juga punya manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas berkaitan dengan kesehatan tubuh secara optimal. 

Dikutip dari jurnal Current Biologyberkemah bisa memengaruhi ritme sirkadian tubuh sehingga membantu tidur jadi lebih berkualitas. 

Ritme sirkadian tubuh adalah rutinitas biologis dan perilaku yang terjadi setiap hari selama 24 jam. Ini bisa berbeda-beda pada tiap individu. Ritme sirkadian ini dipengaruhi oleh cahaya terang dan gelap. 

Meningkatkan paparan sinar matahari di waktu siang dan mengurangi pencahayaan di malam hari berdampak baik untuk mengatur ulang ritme sirkadian tubuh. Ini bisa Anda dapat saat berkemah. 

Ritme sirkadian yang baik bisa membuat waktu tidur Anda lebih baik dan berkualitas, serta membuat Anda lebih mudah bangun di pagi hari. 

7. Meningkatkan aktivitas fisik 

Camping merupakan kegiatan outdoor yang membutuhkan ketahanan dan ketangkasan tubuh. Saat berkemah, tak jarang Anda dihadapkan pada berbagai aktivitas fisik yang menantang, seperti mendaki, melewati sungai, atau sekadar mencari tempat bermalam yang aman. 

Aktivitas fisik ini secara tidak langsung bisa melatih ketangkasan, kekuatan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

8. Menjaga kesehatan mental 

Manfaat camping bagi kesehatan mental juga tak bisa diremehkan. Saat berkemah, Anda bisa lebih banyak waktu bersosialisasi dengan orang lain dan lebih dekat dengan alam. Ini bisa membuat Anda lebih rileks dan bahagia yang berpengaruh pada kondisi psikis Anda. 



Search
Lastest Post
Popular Post